Kamis, 06 Oktober 2011

Apakah Saya Kreatif ??


Setiap hari Rabu pukul 3 sore adalah jadwal saya masuk kelas kreatifitas,saat saya memasuki kelas saya melihat kalau Ibu  Dina sudah memasuki ruangan dan setiap mahasiswa duduk berjauhan.bu Dina menyamperin satu persatu mahasiswa untuk ditanyai tentang kreatifitas.tidak diduga duga ,saya  adalah orang pertama yang disamperin bu Dina.pertanyaan pertama yang diajukan bu Dina adalah “sudah berapa kali kita masuk kelas kreativitsa?”.saya menjawab sudah lima kali ditambah pertemuan hari ini.tetapi,setelah wawancara berakhir saya baru sadar kalau sebenarnya masih empat kali.satu kali pertemuan diabsen secara online,tidak dilakukan didalam kelas.pertanyaan selanjutnya” bagaimana kreatifitas kamu selama mengikuti matakuliah kreatifitas ini?” kemudia saya mengatakan kalau matakuliah ini sangat membantu saya dalam mengembangkan  kreatifitas yang saya miliki.pada mata kuliah ini saya diajak untuk berpikir misalnya pada saat bu Dina memberikan stimulus berupa penjepit kertas.beliau menyuruh kami untuk mencari sebanyak banyaknya fungsi dari penjepit kertas itu dan siapa yang mendapatkan jawaban paling banyak dan paling tepat maka akan diberikan sebuah buku.pada saat itu saya berusaha keras untuk mengembangkan pemikiran saya.
Pertanyaan selanjutnya ”  Apakah Keluarga  mempengaruhi  perkembangan Kreativitas ?” saya menjawab kalau keluarga berperan penting,misalnya pada saat saya membantu mama saya membersikan rumah ,saya ditantang untuk menjadi kreatif dalam menyusun barang barang yang ada pada ruangan yang sempit.disini diperlukan kreatifitas agar barang barang dapat tersusun dengan rapi,pertanyaan yang terakhir mengenai teori yang saya pahami tentang kreativitas.kemudian saya menjelaskan tentang penelitian Dacey mengenai empat jenis kreatifitas sesuai dengan empat bidang konten struktur intelek Guilford yaitu figural,simbolis,semantic dan social.kalau produk figural berkaitan dengan pahat,kemudia simbolis berkaitan dengan  bidang matematika.sistematis nerkaitan dengan jurnalistik dan social berkaitan dengan bidang psikologi,pendidikan.menurut saya,saya lebih dominan pada bidang simbolis yaitu bidang matematikakarena sejak SD saya sudah pandai menghitung.
Dalam merespon pertanyaan yang diajukan oleh bu Dina,saya kurang kreatife karena pada saat pertanyaan tentang teori seharusnya saya bisa menjelaskan  tentang  4P.saya juga kurang mengembangkan jawaban jawaban saya yang berikan pada bu Dina.penggunaan bahasa yang saya pakai juga masih terlalu sedikit dan belum bisa dipahami sepenuhnya.saya berharap saya bisa memberikan jawaban yang lebih kreatif lagi pada kesempatan berikutnya :)


2 komentar:

  1. nah Karin, kalau begitu...sepertinya kamu bisa membuat analisis dari hasil reviewmu di atas menjadi lebih meaningfull.

    bagaimana? saya tunggu hasil analisis yang lebih kreatif ya :)

    BalasHapus