Kamis, 24 November 2011

Jurnal yang dihubungkan dengan pelajaran bab 7 (Kurikulum Berdiferensiasi untuk Siswa Berbakat)

Kurikulum adalah serangkat rencana dan pengaturan mengenai isi dan bahan pelajaran serta tata cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar (Departemen pendidikan dan kebudayaan) untuk melayani kebutuhan pendidikan anak berbakat  perlu diusahakan pendidikan yang berdiferensiasi,yaitu yang memberi pengalaman pendidikan yang disesuaikan dengan minat dan kemampuan intelektual siswa.keterbakatan tidak akan muncul apabila kegiatan belajar terlalu mudah dan tidak mengandung tantangan bagi anak berbakat sehingga  kemampuan mereka yang unggul tidak akan tampil/
Marker mengatakan bahwa kurikulum anak berbakat memerlukan modifikasi dalam empat bidang yaitu:
1. Modifikasi konten kurikulum
2.Modifikasi proses/metode pengajaran
3.Modifikasi produk belajar
4.Modifikasi lingkungan belajar

Disini terdapat  beberapa Jurnal yangmemiliki hubungan dengan kurikulum

Pada jurnal ini dikatakan kalau Bangsa Indonesia sudah beberapa kali mengalami perubahan kurikulum.dalam tulisan jurnal tersebut dikatakan bahwa apabila sekolah dengan kurikulum yang dirancang dan dilaksanakan dengan relevan , efisiensi dan efektif akan mampu mendukung terlaksananya fungsi pendidikan nasional yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa,dan memajukan kebudayaan nasional.
kurikulum dipandang sebagai rencana pelajaran di suatu sekola pelajaran-pelajaran dan materi apa yang harus ditempuh di sekolah sehingga perlu beberapa kali mengalami perubahan sesuai dengan perkembangan zaman dan kemajuan tehnologi.
kurikulum berdiferensiasi juga perlu dilaksanakan karena kurikulum yang sesuai dengan tingkat kemampuan siswa akan memberi rasa keberhasilan,kepuasan dan tantangan.jika siswa berbakat belajar materi dan keterampilan baru dari informasi yang terlah mereka ketahui maka mereka akan menjadi lebih aktif dan tidak bosan disekolah.dengan demikian juga dapat dihindari underachiever(seseorang yang berprestasi dibawah taraf kemampuannya) atau bahkan putus sekolah.
Jurnal ini mengenai kurikulum pendidikan di negara Finlandia yang lebih menekankan pada peranan guru dalam kurikulum. pada survey PISA ditemukan kalu negara finlandia merupakan negara peringkat teratas dalam hal keterampilan,matematika,kemampuan berbahasa dll.  Perbandingan PISA menunjukkan bahwa 
Finlandia telah berhasil dalam kebijakan untuk meningkatkan 
ekuitas dan kualitas belajar.negara ini memiliki
kurikulum yang bagus dan juga memiliki guru yang
profesional dalam menjalankan tugasnya.Guru 
memiliki peranan penting dalam menjalankan kurikulum
yang sudah ada.sebagai fasilitator,guru hendaknya 
mendorong belajar mandiri sebanyak mungkin.
sebaiknya guru dapat menerima perbedaan antar 
siswa dalam kemampuan memikirkan ide ide baru
dan dalam kecepatan mengerjakan tugas tugas,
karena guru merupakan fasilitator dalam kegiatan belajar 
dan mengajar.Dalam kurikulum diferensiasi untuk 
siswa berbakatdiperlukan guru yang yang profesional 
dalam menjalankan tugasnya.
Sellin dan Brich mengemukankan empat peran khusus
guru yang mengajar sains pada siswa berbakat yaitu
sebagai model,pendidik nilai,pembangkit nilai dan sebagai
penilaifungsional.Borenson mengusulkan bahwa guru
sebagai fasilitator matematika mengelompokan siswa agar
mereka dapat berbagi ide, menerima jawaban semua siswa 
menumbuhkan iklim agar dapat 
dengan semua siswa.bagi Gold bagi guru anak 
berbakat IPS penting untuk  memiliki kemampuan 
untuk menangani masalah atau materiyang sensitif
atau kontrofersial.guru hendaknya menghindari 
perilaku mendominasi.Gold menyarankan  mengikuti 
perkembangan bidangnya,karena
sebagaimanatelah dikemukakan bidang ini dapat terus
berubah.guru jugahendaknya berperan sebagai model
 yang menunjukan minat yang sungguh 
sungguh pada bidangnya.

3 komentar:

  1. waduh...
    sumber referensinya kenapa tidak dicantumkan Karin?
    dan hasil perbandingannya bagaimana antara satu referensi dengan referensi lainnya?

    take care.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. maaf bu saya lupa membuat referensi,lain kali saya akan lebih berhati hati lagi.
    referensi:
    1. ttp://www.bpkpenabur.or.id/files/hal 089-107 Kurikulum, Sistem Evaluasi dan Tenaga Pendidikan sebagai Unsur Strategis dalam Penyelenggaraan Sistem Pengajaran Nasional.pdf
    2. http://www.revistaeducacion.mec.es/re350/re350_08ing.pdf

    pada Jurnal Nasional dijelaskan tentang apakah perubahan kurikulum yang sering dilakukan bangsa Indonesia dapat mencapai tujuan nasional bangsa Indonesia sedangkan pada Jurnal Internasional menjelaskan bagaimana negara Finlandia bisa memiliki sistem pendidikan yang terbaik dibandingkan negara negara maju lainnya.hal ini dikarenakan negara finlandia memiliki kurikulum dan tenaga pengajar(Guru) yang baik dan profesionalitas

    BalasHapus