Sabtu, 15 Oktober 2011

Menjawab Pertayaan dan Latihan dari Buku "Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat"

Bab I : Dasar pertimbangan,kebijakan dan konsep keberbakatan dan kreativitas (Hal 28)

1.       kreativitas  dibutuhkan pada setiap bidang misalnya bidang pendidikan, kesehatan, pemerintahan,social dan bidang lainnya.pengembangan kreativitas dapat meningkatkan mutu  bidang tersebut. Contoh pengalaman saya adalah di bidang pendidikan dimana kreativitas diperlukan untuk mendidik murid murid, para pendidik harus memiliki kreativitas dalam mengajar para siswa maupun mahasiswa.dalam mendidik anak TK diperlukan kreativitas dalam mendesain ruang belajar,mengatur jadwal secara efektif dan laiinnya.para pendidik membuat program pendidikan yang Kreatif  sehingga dapat mengembangkan kemampuan yang  dimiliki oleh siswa ataupun mahasiswa.

 3. Kendala yang menghambat studi tentang kreativitas adalah pengertian tentang kreativitas       sebagai   sifat yang diwarisakan oleh orang yang berbakat atau genius.dengan kata lain kalau kreativitas itu diwariskan secara turun temurun oleh orangtua padahal seseorang yang tidak jenius juga bisa menjadi creative.penerapan dalam dunia pendidikan itu misalnya pada saat proses belajar mengajar dikelas,guru cenderung menyuruh siswa pintar untuk melakukan segala sesuatunya.jika hal ini terjadi secara terus menerus maka siswa yang kurang pintar tidak dapat mengembangkan kreativitas yang dimilikinya. 

4. Dalam studi factor analisis seputar ciri ciri utama dalam kreativitas,Gilford membedakan antara aptitude dan non aptitude traits yang berhubungan dengan kreativitas.contoh aptitude adalah seorang anak yang diberi pekerjaan yaitu membuat sesuatu dari kain bekas,kemudia sianak berpikir untuk menjadikan kain bekas itu sebuah tas.ketika tasnya sudah selesai emudia sianak ini berpikir untuk menambahkan sesuatu yang pada tas kain ini agar terlihat cantik dan unik.kemudian sianak menambahkan beberapa kancing,sehingga tasnya terlihat lebih baik.contoh non-aptitude adalah seseorang  yang percaya diri mempersentasikan hasil kerjanya.keduanya sangat perludikembangkan karena aptitude dan non aptitude sakang berkaitan satu sama lain,kekreativan seorang anak tidak akan sempurna bila tidak memiliki salah satu dari ini.

6.Defenisi USOE,anak berbakat adalah anak anak yang dapat membuktiakan kemampuan berprestasi yang tinggi  dalam bidang bidang seperti intelektual,creative, ,arsisrik,kemampuan  kepemimpinan,akedemik spesifik dan mereka yang membutuhkan pelayanan atau aktivitas yang tidak sama yang sudah disediakan disekolah sehubungan dengan penemuan kemampuan kemampuannya.kelebihannya kemampuan yang dimasukan kedalam defenisi ada  banyak sehingga ruang lingkupnya menjadi luas.

7.Three-Ring conception dari Rezulli dan kawan kawn yang menyatakan bahwa tiga ciri pokok yang merupakan kriteri(persyaratan) keberbakatan adalah :
a. kemampuan diatas rata rata ,salah satu kesalahan adalah anggapan bahwa hanya kecerdasan sabagaimana diukur dengan prestasi belajaryang menentukan keberbakatan.kemampuan umum mencakup berbagai bidang kemampuan yang biasanya diukur oleh tes  intelegensi, prestasi, bakat, mental primer, dan berpikir kreaatif.
b. Kreativitas,kelompok kedua yang dimiliki anak berbakat adalah kreativitas sebagai kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru, member gagasan yang baru atau kemampuan melihat hubungan hubugan baru dengan unsu unsure yang sudah ada sebelumnya.  
c. Pengikatan diri terhadap tugas, sebagai bentuk motivasi yang internal yang mendorong seseorang untuk tekut dan ulet mengerjakan tugasnya.walaupun banyak rintangan dan hambatan tetap mengerjakan tugasnya yang sudah menjadi tanggungjawabnya.
Gambar Renzulli tentang keberbakatan :
8. Menurut saya,anak berbakat adalah kemampuan yang dimiliki anak dalam mengelesaikan tugas tugasnya  dengan baik dan  bertanggungjawab,dapat membuat sesuatu yang baru dan unik.  

9.Hubungan antara keberbakatan dan aktualisasi diri ialah saling berkaitan dan berkolerasi ,aktualisasi diri ialah apabila seseorang menggunakan semua bakat dan talentanya untuk menjadi apa yang ia mampu menjadi-mengaktualisasikan atau mewujudkan potensinya.Clark Moustakis mengatakan bahwa kreativitas adalah pengalaman mengekspresikan dan mengaktualisasikan dentitas individu dalam bentuk terpadu dalam hubungan dengan diri sendiri, dengan alam dan dengan orang lain.3 tokoh diIndonesia yang merupakan teladan dari keunggulan kreatif yaitu:

Bab II : Pendekatan 4P dalam pengembangan kreativitas (hal52)

1    Teori psikoanalisis melihat kreativitas sebagai hasil mengatasi masalah,yang biasanya mulai pada masa anak.
a.  Teori Freud, kreativitas merupakan cirri kepribadian yang menetap pada lima tahun pertama dari kehidupan.kaitan antara kebutuhan seksual yang tidak disadari dengan kreativitas yang dimulai pada tahun tahun pertama dari kehidupan adalah orang hanya didorong untuk menjadi creative jika mereka tidak dapat memenuhi kebutuhan seksualna secara langsung
b. Teori Kriss, mengatakan bahwa mekanisme pertahanan regresi(beralih keperilaku sebelumnya yang akan member kepuasan,jika perilaku sekarang tidak berhasil atau tidak member kepuasan,jika perilaku sekarang tidak berhasil atau tidak member kepuasan) jugasering muncul dalam tindakan kreatif.orang orang kreatif adalah orang orang yang mampu memanggil bahan bahan dari alam pikiran tidak sadar.
c. Teori Jung , percaya bahwa ketidaksadaran memainkan peranan yang amat penting dalam kreativitas tingkat tinggi.alam pikiran yang tidak didasari dibentuk oleh masa lalu pribadi. Dari ketidaksadaran kolektif ini timbul penemuan,teori,seni dan karya baru lainnya.

5. Ada dua kondisi yang memupuk kreativitas yang konstruktif menurut Rogers yang pertama ada kondisi internal (pribadi kreatif) yaiu merupakan dorongan dari dalam untuk creative dan kondisi eksternal (lingkungan) yaitu kemampuan untuk bereksperimen dengan lingkungan, menurut pengalaman Rogers dalam psikoterapi, penciptaan  kondisi keamanan dan kebebasan psikologis memungkinkan timbulnya kreativitas yang konstruktif. Dalam situasi ini, “real self” dimungkinkan untuk timbul, untuk diekspresikan dalam bentuk-bentuk baru dalam hubungannya dengan lingkungannya.
6.Ciri ciri kepribadian yang kreatif menurut penelitian  dilakukan pada tahun 1977 .alat peelitian yang digunakan adalah adaptasi Torrance,yaitu ideal pupil checlis yang terdiri dari 60 ciri yang melalui studi empirisciri ciri perilaku yang ditemukan pada orang orang kreatif adalah berani dalam pendirian,melit(ingin tahu),mandiri dalam berpikir dan mempertimbangkan,bersibuk diriterus menerus dengan tugasnya,intuitif,tulentidak bersedia menerima pendapat dalam otoritas begitu saja. Dalam kondisi yang tidak menguntungkan, anak yang kreatif bisa juga menunjukkan ciri-ciri perilaku negatif, seperti: sikap tidak kooperatif, egosentris, terlalu asertif, kurang sopan, acuh tak acuh terhadap aturan, keras kepala, emosional, menarik diri, dan menolak dominasi atau otoritas guru.
9. Rencana kegiatan belajar siswa berbakat bedasarkan strategi 4P, yaitu: 
a. Guru memberikan waktu kepada siswa untuk mengungkapkan sesuatu yang dimiliki siswa,karena setian individu memiliki keunikan masing masing.setiap siswa memiliki pemikirannya masing masing. 
b. guru dan orang tua mendukung siswa agar menjadi seseorang yang kreatif dengan  memberikan fasilitas yang cukup kepada seorang anak  
c.pembelajaran dengan system student center dimana siswa berperan aktif dalam belajar sadangkan guru hanya sebagai fasilitator 
d.Guru dan orangtua memberikan pujian dan penghargaan kepada siswa/anak yang peandai,berbakat. 
Bab III : Identifikasi dan Pengukuran Kreativitas (hal 74)
2.Anak precocious adalah seseorang yang mampu melakukan hal hal yang biasanya dilakukan oleh mereka yang lebih tinggi usianya.misalnya: pada saat saya SMP saya les keybord,adik saya lebih pandai memainkan keybord daripada saya padahal dia tidak pernah les.sedangkan anak prodigious adalah seseorang yang prestasinya begitu luar biasa dan langka sehingga begitu menakjubkan.misalnya: Moshe Kai Cavalin
8.Sub skala ynag harus diisi oleh guru untuk menilai karakteristik perilaku  siswa merbakat menurut skala Renzulli-Hartman yaitu:  
1. Rasa ingin tahu yang luas dan mendalam 
2.sering mengajukan pertanyaan yang baik 
3. Memberikan banyak gagasan atau usul terhadap suatu masalah 
4. Bebas dalam menyatakan pendapat 
5. Memepunyai rasa keindahan yang dalam 
6. Menonjol dalam salah satu bidang seni  
7. Mampu melihat suatu masalah dari berbagai sudut pandang  
 8. Mempunyai rasa humor yang luas 
9. Mempunyai daya imajinasi 
10. Orisinal dalam ungkapan gagasan dan dalam pemecahan masalah.yang membuat ini kesulitan di Indonesia adalah tidak semua guru diIndonesia memiliki kemampuan untuk melakukan hal hal tersebut,karena masih banyak guru guru di Indonesia yang masih belum memenuhi standard.
Bab IV:Perana Keluarga dalam Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak

1.Teori   persimpangan kreativitas menekankan bahwa keberhasilan dalam wujud kreativitas ditentukan oleh tiga factor yang saling berkaitandan titik pertemuan antara ketiga factor inilah yang menentukan keunggulan kreatif yaitu yang pertama keterampilan dalam biang tertentu,keterampilan berpikir dan bekerja kreatif,dan motivasi instrinsik
3.Karakteristik keluarga yang kreatif menurut Decay yaitu penataan rumah yang berbeda dari rumah pada umumnya,orangtua sudah mengenali tanda tanda kekreatifan anak sejak anak usia dini,dan mereka mendorong dan member  banyak kesempatan untuk mengembangkan bakat anak,orangtua dan anak dari keluarga kreatif sama sama berpendapat bahwa peran sekolah  tidak penting dalam pengembangan kreatifitas anak,tetapi remaja kreatif cenderung untuk bekerja lebih keras  daripada teman sekolah mereka.  
5.Perbedaaan yang  nyata antara anak keluarga berbakat dan anak keluarga biasa,hasil studi menunjukan bahwa orangtua anak berbakat mempunyai tingkat pendidikan,jabatan professional dan penghasilan yang lebih tinggi.lebih banyak dari mereka yang hobi membaca. orangtua anak berbakat lebih mementingkan “ketekunan ” dan “inisiatif” dibandingkan orangtua kelompok anak dengan kecerdasan rata rata.dibandingkan dengan orangtua anak berbakat, orangtua ber IQ rata rata lebih mementingkan ‘kepatuhan” pada anak . anak berbakat tidak banyak dituntut orangtua untuk mengerjakan tugas tugas dirumah dibandingkan dengan anak IQ rata rata sehingga mereka memilii banyak waktu untuk melakukan hal hal yang mereka senangi .
 
6.Orangtua dapat mengembangkan kreativitas anak dirumah dengan cara orangtua memberikan contoh kegiatan yang menuntut dedikasi  kepada anak karena anak otomatis akan meniu perilaku ibunya, bu memberikan pengalaman pengalaman baru kepada anak. Contohnya saya mempunyai saudara sepupu yang sangat fasih bahasa inggris padahal masih berusia 7 tahun,sepupu saya ini selalu berbicara bahasa inggris baik dirumah maupun disekolah, dia orangnya juga sangat aktif dan cekatan,pandai berbicara saya melihat hal ini dapat terjadi karena orangtuanya selalu memnerikan contoh yang baik dan selalu  mengajarkan anaknya hal hal yang baru
7. Sikap orang tua yang memupuk kreativitas anak adalah: menghargai pendapat anak dan mendorongnya untuk mengungkapkannya, memberikan waktu kepada anak untuk berpikir, membiarkan anak untuk mengambil keputusannya sendiri, mendorong kemelitan anak,menyakini anak bahwa orangtua menghargai apa yang ingin dicoba,menunjang dan mendorong kegiatan anak.tiga asas yang paling penting yaitu menghargai pendapat anak,mendorong kegiatan anak dan memberikan waktu kepada anak untuk berpikir.  
 Bab V:Peranan Sekolah dalam Mengembangkan Kreativitas anak (hal 116)    
2.Ciri ciri guru anak berbakat pada setiap kategori karakteristik guru anak berbakat:  a. karakteristik filosofis,guru dalam situasi konflik bila  diberikan pilihan apakah mendukung program sekolah atau tidak oleh kepala sekolah.  b. Karakteristik Progesional guru dari guru dapat dikembangkan melalui pelatihan dalam jabatan, memiliki kemampuan untuk mempergunakan dinamika kelompok,tehnik,ciri dan strategi yang maju dalam mata pelajaran tertentu, memberikan pelatihan in quiry dan memahami ilmu computer.  c.karakteristik pribadi guru anak berbakat meliputi motivasi,kepercayaan diri,rasa humor,kesabaran,minat luas dan kelenturan  
 
5.cara memanfaatkan peranan mentor sebagai narasumber untuk program anak berbakat yaitu dengan menunjuk mentor untuk melengkapi pendidikan anak berbakat.mentor ini biasanya sukarelawan dari masyarakat yang mengundang anak berbakat untuk mengunjungi tempat kerja mereka.
9.contoh kegiatan yang meransang kreativitas anak disekolah:  a. membuat seorang anak penasaran sehingga menumbuhkan rasa ingin tahu anak  b. memberikan anak stimulus dan membiarkannya untuk berpikir tentang stimulus itu  c.menjajikan anak  akan diberikan reward apabila anak tersebut menyelesaikan pekerjaannya
10.unsur unsur yang penting diperhatikan dalam merancang strategi mengajar yang meningkatkan kreativitas siswa:  a.pemberian penilaian tidak hanya oleh guru tetapi juga melibatkan siswa  b. pemberian hadiah sebaiknya uang intangible, dan yang berkaitan dengan  kegiatan yang sedang dilakukan  c. memberikan kesempatan kepada anak untuk memilih topic atau kegiatan belajar sampai batas tertentu.
11.desain ruang kelas yang memudahkan belajar mengajar secara kreatif:
BabVI:Peranan Masyarakat dalam Mengembangkan Kreativitas (hal 135)
6.bagan yang mensintesiskan pendapat pakar di Indonesia
7. Progran luar sekolah seperti mengunjungi beberapa tempat kerja bisnis dan organisasi dan memperoleh pelatihan disana dapat membantu memenuhi kebutuhan kognitif (mengembangkan keterampilan berpikir), afektif (berkomunikasi dengan teman sebaya atau  orang dewasa yang kreatif) dan generative (menemukan cara cara baru untuk memecahkan masalah ) siswa berbakat.
   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar