Bab I : Dasar pertimbangan,kebijakan dan konsep keberbakatan dan kreativitas (Hal 28)
Gambar Renzulli tentang keberbakatan :
Bab II : Pendekatan 4P dalam pengembangan kreativitas (hal52)
a. Teori Freud, kreativitas merupakan cirri kepribadian yang menetap pada lima tahun pertama dari kehidupan.kaitan antara kebutuhan seksual yang tidak disadari dengan kreativitas yang dimulai pada tahun tahun pertama dari kehidupan adalah orang hanya didorong untuk menjadi creative jika mereka tidak dapat memenuhi kebutuhan seksualna secara langsung
b. Teori Kriss, mengatakan bahwa mekanisme pertahanan regresi(beralih keperilaku sebelumnya yang akan member kepuasan,jika perilaku sekarang tidak berhasil atau tidak member kepuasan,jika perilaku sekarang tidak berhasil atau tidak member kepuasan) jugasering muncul dalam tindakan kreatif.orang orang kreatif adalah orang orang yang mampu memanggil bahan bahan dari alam pikiran tidak sadar.
c. Teori Jung , percaya bahwa ketidaksadaran memainkan peranan yang amat penting dalam kreativitas tingkat tinggi.alam pikiran yang tidak didasari dibentuk oleh masa lalu pribadi. Dari ketidaksadaran kolektif ini timbul penemuan,teori,seni dan karya baru lainnya.
5. Ada dua kondisi yang memupuk kreativitas yang konstruktif menurut Rogers yang pertama ada kondisi internal (pribadi kreatif) yaiu merupakan dorongan dari dalam untuk creative dan kondisi eksternal (lingkungan) yaitu kemampuan untuk bereksperimen dengan lingkungan, menurut pengalaman Rogers dalam psikoterapi, penciptaan kondisi keamanan dan kebebasan psikologis memungkinkan timbulnya kreativitas yang konstruktif. Dalam situasi ini, “real self” dimungkinkan untuk timbul, untuk diekspresikan dalam bentuk-bentuk baru dalam hubungannya dengan lingkungannya.
6.Ciri ciri kepribadian yang kreatif menurut penelitian dilakukan pada tahun 1977 .alat peelitian yang digunakan adalah adaptasi Torrance,yaitu ideal pupil checlis yang terdiri dari 60 ciri yang melalui studi empirisciri ciri perilaku yang ditemukan pada orang orang kreatif adalah berani dalam pendirian,melit(ingin tahu),mandiri dalam berpikir dan mempertimbangkan,bersibuk diriterus menerus dengan tugasnya,intuitif,tulentidak bersedia menerima pendapat dalam otoritas begitu saja. Dalam kondisi yang tidak menguntungkan, anak yang kreatif bisa juga menunjukkan ciri-ciri perilaku negatif, seperti: sikap tidak kooperatif, egosentris, terlalu asertif, kurang sopan, acuh tak acuh terhadap aturan, keras kepala, emosional, menarik diri, dan menolak dominasi atau otoritas guru.
9. Rencana kegiatan belajar siswa berbakat bedasarkan strategi 4P, yaitu:
a. Guru memberikan waktu kepada siswa untuk mengungkapkan sesuatu yang dimiliki siswa,karena setian individu memiliki keunikan masing masing.setiap siswa memiliki pemikirannya masing masing.
b. guru dan orang tua mendukung siswa agar menjadi seseorang yang kreatif dengan memberikan fasilitas yang cukup kepada seorang anak
c.pembelajaran dengan system student center dimana siswa berperan aktif dalam belajar sadangkan guru hanya sebagai fasilitator
d.Guru dan orangtua memberikan pujian dan penghargaan kepada siswa/anak yang peandai,berbakat.
a. Guru memberikan waktu kepada siswa untuk mengungkapkan sesuatu yang dimiliki siswa,karena setian individu memiliki keunikan masing masing.setiap siswa memiliki pemikirannya masing masing.
b. guru dan orang tua mendukung siswa agar menjadi seseorang yang kreatif dengan memberikan fasilitas yang cukup kepada seorang anak
c.pembelajaran dengan system student center dimana siswa berperan aktif dalam belajar sadangkan guru hanya sebagai fasilitator
d.Guru dan orangtua memberikan pujian dan penghargaan kepada siswa/anak yang peandai,berbakat.
Bab III : Identifikasi dan Pengukuran Kreativitas (hal 74)
2.Anak precocious adalah seseorang yang mampu melakukan hal hal yang biasanya dilakukan oleh mereka yang lebih tinggi usianya.misalnya: pada saat saya SMP saya les keybord,adik saya lebih pandai memainkan keybord daripada saya padahal dia tidak pernah les.sedangkan anak prodigious adalah seseorang yang prestasinya begitu luar biasa dan langka sehingga begitu menakjubkan.misalnya: Moshe Kai Cavalin
8.Sub skala ynag harus diisi oleh guru untuk menilai karakteristik perilaku siswa merbakat menurut skala Renzulli-Hartman yaitu:
1. Rasa ingin tahu yang luas dan mendalam
2.sering mengajukan pertanyaan yang baik
3. Memberikan banyak gagasan atau usul terhadap suatu masalah
4. Bebas dalam menyatakan pendapat
5. Memepunyai rasa keindahan yang dalam
6. Menonjol dalam salah satu bidang seni
7. Mampu melihat suatu masalah dari berbagai sudut pandang
8. Mempunyai rasa humor yang luas
9. Mempunyai daya imajinasi
10. Orisinal dalam ungkapan gagasan dan dalam pemecahan masalah.yang membuat ini kesulitan di Indonesia adalah tidak semua guru diIndonesia memiliki kemampuan untuk melakukan hal hal tersebut,karena masih banyak guru guru di Indonesia yang masih belum memenuhi standard.
1. Rasa ingin tahu yang luas dan mendalam
2.sering mengajukan pertanyaan yang baik
3. Memberikan banyak gagasan atau usul terhadap suatu masalah
4. Bebas dalam menyatakan pendapat
5. Memepunyai rasa keindahan yang dalam
6. Menonjol dalam salah satu bidang seni
7. Mampu melihat suatu masalah dari berbagai sudut pandang
8. Mempunyai rasa humor yang luas
9. Mempunyai daya imajinasi
10. Orisinal dalam ungkapan gagasan dan dalam pemecahan masalah.yang membuat ini kesulitan di Indonesia adalah tidak semua guru diIndonesia memiliki kemampuan untuk melakukan hal hal tersebut,karena masih banyak guru guru di Indonesia yang masih belum memenuhi standard.
Bab IV:Perana Keluarga dalam Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak
6.Orangtua dapat mengembangkan kreativitas anak dirumah dengan cara orangtua memberikan contoh kegiatan yang menuntut dedikasi kepada anak karena anak otomatis akan meniu perilaku ibunya, bu memberikan pengalaman pengalaman baru kepada anak. Contohnya saya mempunyai saudara sepupu yang sangat fasih bahasa inggris padahal masih berusia 7 tahun,sepupu saya ini selalu berbicara bahasa inggris baik dirumah maupun disekolah, dia orangnya juga sangat aktif dan cekatan,pandai berbicara saya melihat hal ini dapat terjadi karena orangtuanya selalu memnerikan contoh yang baik dan selalu mengajarkan anaknya hal hal yang baru
Bab V:Peranan Sekolah dalam Mengembangkan Kreativitas anak (hal 116)
5.cara memanfaatkan peranan mentor sebagai narasumber untuk program anak berbakat yaitu dengan menunjuk mentor untuk melengkapi pendidikan anak berbakat.mentor ini biasanya sukarelawan dari masyarakat yang mengundang anak berbakat untuk mengunjungi tempat kerja mereka.
9.contoh kegiatan yang meransang kreativitas anak disekolah:
a. membuat seorang anak penasaran sehingga menumbuhkan rasa ingin tahu anak
b. memberikan anak stimulus dan membiarkannya untuk berpikir tentang stimulus itu
c.menjajikan anak akan diberikan reward apabila anak tersebut menyelesaikan pekerjaannya
10.unsur unsur yang penting diperhatikan dalam merancang strategi mengajar yang meningkatkan kreativitas siswa:
a.pemberian penilaian tidak hanya oleh guru tetapi juga melibatkan siswa
b. pemberian hadiah sebaiknya uang intangible, dan yang berkaitan dengan kegiatan yang sedang dilakukan
c. memberikan kesempatan kepada anak untuk memilih topic atau kegiatan belajar sampai batas tertentu.
11.desain ruang kelas yang memudahkan belajar mengajar secara kreatif:
BabVI:Peranan Masyarakat dalam Mengembangkan Kreativitas (hal 135)
6.bagan yang mensintesiskan pendapat pakar di Indonesia
7. Progran luar sekolah seperti mengunjungi beberapa tempat kerja bisnis dan organisasi dan memperoleh pelatihan disana dapat membantu memenuhi kebutuhan kognitif (mengembangkan keterampilan berpikir), afektif (berkomunikasi dengan teman sebaya atau orang dewasa yang kreatif) dan generative (menemukan cara cara baru untuk memecahkan masalah ) siswa berbakat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar