Rabu, 05 Oktober 2011

Prosedur Pembuatan Tas (Teori 4P)

        Pada tugas sebelumnya dengan label  revisi tugas individu 2 sudah dibahas mengenai  4P (pribadi,press,proses,produk). pada tugas kali ini akan dibahas mengenai teori  4P itu yang sesuai dengan pengerjaan saya dalam pembuatan tas dari 19 lembar kertas bekas.

1.Teori tentang pembentukan pribadi kreatif

Terdapat banyak sekali teori yang menjelaskan pembentukan kepribadian kreatif.teori yang cocok buat saya dalam pengerjaan tugas ini adalah teori Humanistik dibandingkan dengan Teori Psikoanalisis.teori humanistik melihat kreativitas sebagai hasil dari kesehatan psikologis tingkat tinggi.kreativitas dapat berkembang selama hidup dan tidak terbatas pada lima tahun pertama.ada dua tokoh humanistik yaitu Maslow dan Rogers.saya lebih cenderung pada Teori Maslow yang mengatakan manusia mempunyai naluri naluri dasar yang menjadi nyata sebagai kebutuhan.kebutuhan ini harus dipenuhi dalam urutan tertentu.proses perwujudan diri berkaitan dengan kreativitas.

2.Teori tentang "press"

Kreativitas agar  dapat terwujud membutuhkan adanya dorongan dalam diri invividu (motivasi intrinsik) maupun dorongan dari lingkungan (motivasi ekstrinsik).Dorongan dalam diri saya untuk mengerjan/membuat tugas ini adalah dorongan dari dalam diri saya sendiri,ada keinginan dari dalam diri saya untuk menciptakan suatu karya yang bagus dan juga disukai oleh orang orang yang melihat serta ada juga dorongan dari lingkungan yaitu apabila saya membuat karya yang bagus dan kreatif maka saya akan mendapatkan nilai yang bagus dari dosen.dorongan ini merupakanj motivasi primer untuk kreativitas ketika individu membentuk hubungan hubungan baru dengan lingkungannya dalam upaya menjadi dirinya sepenuhnya.

3.Teori tentang proses kreatif

Ada dua teori yang membahas mengenai proses kreatif
a. Teori Wallas 
menyatakan bahwa ada empat tahapan yang meliputi proses kreatif yaitu
1) Persiapan,dalam mengerjakan pembuatan,pada tahap ini saya berpikir keras mau dijadikan apa 19 kertas bekas tersebut dan juga saya bertanya pada teman teman saya kira kira  bagusnya mau dijadikan apa 19 kertas ini.
2)Inkubasi,pada tahap ini saya tidak lagi fokus pada 19 kertas itu,saya seakan akan melepaskan diri dari tugas itu untuk sementara waktu tetapi saya tetap mengeramnya dalam pra sadar.
3)Ilusinasi,tahap ini ialah tahap munculnya "insight". saya mendapatkan insight ketika saya hendak mau tidur.tiba tiba saya mendapatkan ide untuk membuat 19 kertas bekas itu untuk dijadikan sebuat tas cantik.
4)Verifikasi,tahap ini adalah tahap dimana ide atau kreasi baru tersebut harus diuji terhadap realitas.pada tahap ini saya memikirkan mungkinkah saya dapat membuat tas  dari kertas,karena biasanya tas itu terbuat dari kain.
b. Teori tentang belahan otak kiri dan otak kanan
Hampir setiap orang memiliki sisi otak (kiri/kanan) yang dominan.saya lebih dominan keotak kiri karena saya lebih suka pada pelajaran  menghitung sejak saya SD.otak kanan saya tidak dominan oleh karena itu saya orangnya tidak kreatif.

4.Teori tentang  produk kreatif 

sejumlah penelitian akhir akhir ini bersibuk diri dengan masalah penelitian produk,apakah suatu produk memenuhi kriteria kreativitas.produk yang saya buat adalah sebuat tas dari kertas bekas,produk yang saya buat ini walaupun tidak sehebat  produk yang dibuat oleh James Wattt tetapi menurut saya produk ini sudah cukup bagus dan cukup Kreatif karena produk ini sudah dipuji oleh Dosen saya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar